Senin, 06 Agustus 2012

cerita tentang nabi muhammad

Hello Guys..
udah lama gak post nih blog
Kangen bgt nih :D                                          
Sekarang aku akan mempublikasikan sebuah cerpen yang kugunakan untuk mengikuti lomba . tapi sayang gak menang :( Tapi gak apa-apa masih banyak kesempatan lagi .
Semoga membuat semuanya terhibur .


CEKIDOTTTT!!!


                                                         Cerita Nabi Muhammad

    “ Nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah swt. Adalah nabi Muhammad saw. Nabi muhammad saw. Dipilih menjadi nabi dan rasul pada usia 40 tahun. Nabi muhammad saw. Menyampaikan risalah kenabian kepada kaumnya selama 22 tahun 2 bulan 22 hari . “ kata ummi Tari mengajarkan kepada anak muridnya di sebuah madrasah.
     “ Bu, nabi muhammad lahir dimana ? “ tanya ara kepada bu Tari.
     “ Nabi muhammad dilahirkan di mekah. Kakeknya, Abdul Muthalib , menamainya muhammad yang artinya orang terpuji. Nama muhammad belum pernah digunakkan dan dikenal sebelumnya. Ketika lahir, Muhammad telah menjadi anak yatim . Ketika berusia 6 tahun, Muhammad sudah jadi yatim piatu. Ibunya , Aminah binti Wahab, meninggal dunia dalam perjalanan pulang dari Yasrib, setelah berziarah ke kuburan suaminya. Kemudian, Muhammad diasuh Abdul Mutalib. Sebelum berusia 8 tahun, kakeknya wafat. Pamannya, Abu thalib, lalu mengambil alih tanggung jawab mengasuh Muhammad. “
     “ Kasihan Nabi muhammad, kecil-kecil sudah jadi anak yatim piatu. Terima kasih ya allah, ara masih punya 2 orangtua yang masih menyayangi Ara. Walaupun Ara bandel “
     “ Nah, itulah cerita tentang Nabi Muhammad. Siapa yang bisa menyimpulkan tentang pelajaran hari ini ? “
     “ Saya, ummi. Nabi Muhammad lahir dalam keadaan yatim, karena ayahnya Abdullah meninggal dunia tiga bulan setelah dia menikahi Aminah. Nabi Muhammad diserahkan kepada ibu pengasuh, Halimah Saadiyah. Dalam asuhan Halimah Saadiyah nabi Muhammad dibesarkan sampai usia empat tahun. Ketika berusia enam tahun nabi Muhammad menjadi yatim piatu. “ kata Lis menyimpulkan.
     “ Bagus , Lis. Ada yang bisa melengkapi kesimpulan Lis tadi ? “
     “ Saya. “ kata Ditha mengacungkan jari
     “ Ya, Ditha “
     “ Setelah ibu nabi Muhammad meninggal, kakek nabi Muhammad yaitu Abdul Mutalib mengambil alih tanggung jawab merawat nabi Muhammad . Namun, dua tahun kemudian Abdul Mutalib meninggal dunia karena renta. Tanggung jawab selanjutnya beralih kepada paman nabi Muhammad, Abu Talib “
     “ Yah, bagus anak-anak. Semuanya pintar . Sebelum pulang mari kita bershalawat. Shalaatullah shallamullah ... “
     Saat pulang...
     “ Kasihan nabi Muhammad, kecil-kecil sudah jadi yatim piatu. Tapi, nabi Muhammad hebat. Dalam usia muda, nabi Muhammad hidup sebagai penggembala kambing milik keluarga dan kambing penduduk mekah. Melalui pengembalaan ini, nabi Muhammad menemukkan tempat berfikir dan merenung. Dalam suasana yang demikian, nabi Muhammad ingin melihat sesuatu di balik semuanya, sehingga nabi Muhammad jauh dari kehidupan duniawi, dan sangat jujur, sehingga nabi Muhammad mendapat julukan Al-Amin yang artinya dapat dipercaya. “ kata Rizka panjang lebar.
     “ Iya, pada usia 25 tahun , nabi kita berangkat ke Syiria membawa barang  dagangan saudagar wanita kaya raya yang telah menjanda. Dalam perdagangan ini, nabi Muhammad mendapat keuntungan yang sangat banyak. Saudagar kaya raya ini kemudian melamarnya. Siapa ya nama saudagar kaya raya ini ? “ jelas ara
     “ Khadijah. Siti khadijah “ kata Rizka menjawab pertanyaan Ara.
     “ ya, Khadijah. Baru mau menjawab. Lamaran itu diterima nabi Muhammad dan perkawinan segera dilaksanakan. Ketika nabi Muhammad berusia 25 tahun dan Khadijah berusia 40 tahun. Dalam perkembangan selanjutnya, Khadijah adalah wanita pertama yang masuk islam dan banyak membantu nabi Muhammad dalam perjuangan menyebarkan agama islam. Perkawinan yang bahagia dan saling mencintai itu dikaruniai enam orang anak, dua orang putra, dan empat orang putri yaitu, Qasim, Abdullah, Zainab, Rukayah, Ummu Kulsum, dan Fatimah. “ kata ara .
     “ Ara , aku duluan . Ummi sudah memanggilku di kejauhan. Dada... “ kata Rizka sambil melambaikan tangan.
     “ Dada... “
      Ara pun berjalan sampai ke rumah. Sesampainya di rumah Ara....
 `    “ Assalamualaikum ummi Abi. “
     “ Waalaikum salam “ kata ummi dan abi menjawab.
     “ Tadi belajar apa di madrasah ? “ tanya Abi
     “ Nanti dulu Abi. Ara sholat asar dulu. Tadi lupa shalat asar. “ kata ara pamit untuk shalat.
     “ Iya. “
     Setelah shalat, Ara ke beranda depan menemui Abi. Sesampainya di beranda depan, Ara melihat Abinya sedang membaca koran. “
     “ Tadi di madrasah, Ara belajar tentang nabi Muhammad . Nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah swt. Adalah nabi Muhammad saw. Nabi muhammad saw. Dipilih menjadi nabi dan rasul pada usia 40 tahun. Nabi muhammad saw. Menyampaikan risalah kenabian kepada kaumnya selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Nabi muhammad dilahirkan di mekah. Kakeknya, Abdul Muthalib , menamainya muhammad yang artinya orang terpuji. Nama muhammad belum pernah digunakkan dan dikenal sebelumnya. Ketika lahir, Muhammad telah menjadi anak yatim . Ketika berusia 6 tahun, Muhammad sudah jadi yatim piatu. Ibunya , Aminah binti Wahab, meninggal dunia dalam perjalanan pulang dari Yasrib, setelah berziarah ke kuburan suaminya. Kemudian, Muhammad diasuh Abdul Mutalib. Sebelum berusia 8 tahun, kakeknya wafat. Pamannya, Abu thalib, lalu mengambil alih tanggung jawab mengasuh Muhammad. Nabi Muhammad lahir dalam keadaan yatim, karena ayahnya Abdullah meninggal dunia tiga bulan setelah dia menikahi Aminah. Nabi Muhammad diserahkan kepada ibu pengasuh, Halimah Saadiyah. Dalam asuhan Halimah Saadiyah nabi Muhammad dibesarkan sampai usia empat tahun. Ketika berusia enam tahun nabi Muhammad menjadi yatim piatu. Setelah ibu nabi Muhammad meninggal, kakek nabi Muhammad yaitu Abdul Mutalib mengambil alih tanggung jawab merawat nabi Muhammad . Namun, dua tahun kemudian Abdul Mutalib meninggal dunia karena renta. Tanggung jawab selanjutnya beralih kepada paman nabi Muhammad, Abu Talib. Dalam usia muda, nabi Muhammad hidup sebagai penggembala kambing milik keluarga dan kambing penduduk mekah. Melalui pengembalaan ini, nabi Muhammad menemukkan tempat berfikir dan merenung. Dalam suasana yang demikian, nabi Muhammad ingin melihat sesuatu di balik semuanya, sehingga nabi Muhammad jauh dari kehidupan duniawi, dan sangat jujur, sehingga nabi Muhammad mendapat julukan Al-Amin yang artinya dapat dipercaya. , pada usia 25 tahun , nabi kita berangkat ke Syiria membawa barang  dagangan saudagar wanita kaya raya yang telah menjanda. Dalam perdagangan ini, nabi Muhammad mendapat keuntungan yang sangat banyak. Saudagar kaya raya ini kemudian melamarnya. Lamaran itu diterima nabi Muhammad dan perkawinan segera dilaksanakan. Ketika nabi Muhammad berusia 25 tahun dan Khadijah berusia 40 tahun. Dalam perkembangan selanjutnya, Khadijah adalah wanita pertama yang masuk islam dan banyak membantu nabi Muhammad dalam perjuangan menyebarkan agama islam. Perkawinan yang bahagia dan saling mencintai itu dikaruniai enam orang anak, dua orang putra, dan empat orang putri yaitu, Qasim, Abdullah, Zainab, Rukayah, Ummu Kulsum, dan Fatimah. “ kata Ara panjang lebar.
     “ Wah, Ara hebat. Nah, apakah Ara tahu ? Menjelang usia nabi Muhammad ke 40 tahun, nabi Muhammad sudah biasa memisahkan diri dari kegalauan masyarakat, nabi Muhammad menyendiri di Gua Hira, beberapa kilometer di utara kota Mekah. Pada tanggal 17 Ramadhan tahun 611 M malaikat Jibril muncul di hadapannya, menyampaikan wahyu Allah swt. Yang pertama yaitu surah Al-Alaq ayat 1-5. “
     “ Ummi Tari belum menceritakan tentang itu. Lanjutkan yah. Kalau Tari tahu. Tari bisa pamer kepada teman-teman “ ucap tari .
     “ Pamer adalah perbuatan musyrik. Itu sangat di larang oleh agama, Tari “ kata ayah menasehati Tari
     “ Maaf yah.. “ kata Tari mengaku bersalah.
     “ Nah, ayah akan melanjutkan cerita nabi Muhammad. Setelah wahyu pertama ini datang, Jibril tidak muncul lagi untuk beberapa lama. Sementara nabi Muhammad saw. Menantikannnya dan selalu menunggu di gua Hira. Dalam keadaan menanti itulah turun wahyu yang kedua yaitu Surah Al-Muddatsir ayat 1-7. “
     “ Wah, cerita apa ini. Sepertinya asyik sekali. “ kata ummi tiba-tiba muncul.
     “ Cerita tentang nabi Muhammad, ummi. Ummi mau ikut mendengarkan ? “ kata Ara polos
     “ Iya dong. Ayo, Abi cerita lagi. “ kata ummi menyuruh Abi untuk bercerita.
     “ Iya, Abi. Cerita lagi “ seru Ara
     “ Iya, tenang. Sampai dimana cerita tadi, Ara ? “
     “ Abi pikun. Sampai di turunnya wahyu kedua “ kata Ara tak sabar menanti cerita abi
     “ Oh, sampai di turunnya wahyu kedua. Nah, mula-mula nabi Muhammad saw. Melakukan dakwah secara diam-diam dan sembunyo-sembunyi pada di lingkungan sendiri dan rekan-rekannya. Karena itulah orang yang pertama kali menerima dakwahnya adalah keluarga, dan sahabat dekatnya. Ara, siapa wanita pertama yang menerima ajaran agam islam dan membantu menyiarkan agama ? “
     “ Khadijah, Abi “
     “ Ya. Ara betul. Mula-mula istrinya siti Khadijah, kemudian saudaranya yang bernama Ali bin Abi Talib yang berumur 10 tahun. Kemudian, Abu bakar sahabat karibnya, sejak masa kanak-kanak. Lalu Zaid bekas budak yang telah menjadi anak angkatnya dan masih banyak lagi sahabat beliau yang telah masuk islam. Setelah beberapa lama dakwah tersebut dilaksanakan secara individu turunlah segera agar nabi menjalankan dakwah secara terbuka. Mula-mula ia menyeru dan mengundang kerabat karibnya dan Bani Abdul Mutalib. Ia mengatakan kepada mereka “ Saya tidak melihat seorang pun di kalangan Arab yang dapat membawa sesuatu ke tengah-tengah mereka dan lebih baik dan lebih baik dari apa yang saya bawa dari kalian. Kubawakan kepadamu dunia dan akhirat yang terbaik. Tuhan memerintahkan saya untuk mengajak kalian semua. Siapa diantara kalian yang mendukung saya dalam hal ini. “ Mereka semua menolak kecuali Ali bin Abi Talib. Banyak  tantangan dan ujian yang harus dihadapi Rasulullah saw. Ketika melakukan dakwah secara terbuka. Penyiksaan, pembunuhan , percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh orang Quraisy kepada umat Islam. Kekejaman yang dilakukan kepada penduduk Mekah terhadap kaum muslimin itu mendorong nabi Muhammad saw. Untuk mengungsikan sahabat-sahabatnya ke luar Mekah. Pada tahun kelima kenabiannya ia mengungsikan ke Habsy  sebagai negara pengungsian karena Negus ( raja ) yang terkenal adil. “ Kata Abi menjelaskan cerita tentang Nabi Muhammad
     “ Nabi Muhammad adalah suri tauladan yang baik. Nabi Muhammad is the best ! Ara mau menjadikan nabi Muhammad Idola. Abi. Poster nabi Muhammad dijual gak ? “ tanya Ara polos
     “ Hahaha. Ara , tidak ada seorang pun yang mengetahui bagaimana wajah nabi Muhammad. Jadi poster nabi Muhammad tidak ada di jual di dunia “
     “ Yah, Abi. Jadi bagaimana cara Ara mengidolakan nabi Muhammad ? “
     “ Dengan cara membaca al-Quran, sholat 5 waktu, dan melakukan hal-hal baik “
     “ Ya sudah , Bi. Ara mau mandi dulu “ pamit Ara
     “ Ya “ kata Abi singkat
     Ara pun segera mandi. Setelah mandi, Ara pun melaksanakan shalat Maghrib berjamaah bersama Ummi dan Abinya. Setelah mandi , Ara membaca buku pelajaran nya dan segera tidur karena waktu sudah menunjukkan pukul sembilan malam.
     Kukuruyukk.... Ayam jantan milik Abi berbunyi nyaring. Ara segera terbangun dan melihat jam
     “ Astaghfirullah.. Ummi Abi , Ara belum shalat Subuh “ kata Ara segera mengambil air wudhu
     “ Salah sendiri di bangunkan malah tarik selimut “ kata Ummi
     “ Ummi matikan alarm Ara ya ? “ tanya Ara sambil mengambil air wudhu
     “ Iya. Habisnya alarm Ara berisik. Ambil air wudhu gak boleh sambil bicara. Ulang dari awal “ perintah Ummi
     “ Iya , Ummi “ Ara pun mengambil air wudhu
     Setelah mengambil air wudhu, Ara ke atas untuk sholat. Ara sholat dengan terburu-buru karena sebentar lagi waktu sholat sudah habis
     Allahuakbar....
     Setelah shalat, Ara merapikan mukena nya. Ara mandi dengan terburu-buru. Ara merapikan rambutnya dan segera mengenakan jilbab berwarna putih. Di bawah, Ummi memanggil Ara
     “ Ara, cepat. Waktunya sarapan, cepat “
     “ Sebentar, Ummi. Ara lagi merapikan jilbab “
     Setelah merapikan jilbab , Ara segera turun ke bawah untuk sarapan bersama orangtua.
     Bismillahirrahmannirahim ..
      Setelah sarapan, Ara pamitan kepada ummi dan abi nya. Ara berjalan kaki menjemput Dedek , Rizka, dan Ditha. Sesampainya di rumah Rizka, ternyata Dedek dan Ditha sudah menunggu. Setelah Rizka pamitan kepada orangtuanya, Kami berempat berjalan menuju ke sekolah sambil membicarakan masalah nabi Muhammad.
     “ Kata Abi ku, Menjelang usia nabi Muhammad ke 40 tahun, nabi Muhammad sudah biasa memisahkan diri dari kegalauan masyarakat, nabi Muhammad menyendiri di Gua Hira, beberapa kilometer di utara kota Mekah. Pada tanggal 17 Ramadhan tahun 611 M malaikat Jibril muncul di hadapannya, menyampaikan wahyu Allah swt. Yang pertama yaitu surah Al-Alaq ayat 1-5. “
     “ Surat Al-alaq yang artinya bacalah bukan ? ummi pernah berkata bahwa waktu itu nabi Muhammad yang belum bisa membaca dipaksa membaca oleh malaikat Jibril. Makanya, diturunkan surah itu. “ celetuk Rizka
     “ Mungkin. Abi belum menjelas kan tentang arti Al-alaq. Nah, Setelah wahyu pertama ini datang, Jibril tidak muncul lagi untuk beberapa lama. Sementara nabi Muhammad saw. Menantikannnya dan selalu menunggu di gua Hira. Dalam keadaan menanti itulah turun wahyu yang kedua yaitu Surah Al-Muddatsir ayat 1-7. , mula-mula nabi Muhammad saw. Melakukan dakwah secara diam-diam dan sembunyo-sembunyi pada di lingkungan sendiri dan rekan-rekannya. Karena itulah orang yang pertama kali menerima dakwahnya adalah keluarga, dan sahabat dekatnya. Begitu teman-teman. “ kata Ara menyelesaikan ceritanya.
     “ Ayo, teman-teman kita masuk ke kelas “ ajak Ditha
     “ Ayo. Pelajaran pertama agama bukan ? nanti kita tanyakan ke ummi Widya “
     Tengteng... Bel masuk berbunyi.
     “ Assalamualaikum anak-anak. “ kata ummi Widya memulai pelajaran
     “ Waalaikumsalam, ummi “ jawab anak anak serempak.
     “ Kali ini kita akan belajar tentang nabi Muhammad. Nabi Muhammad adalah nabi yang menyiarkan ajaran agama islam. Menguatnya posisi umat islam membuat reaksi orang kafir Quraisy semakin keras. Mereka menempuh cara baru dengan melumpuhkan kekuatan Muhammad yang bersandar pada perlindungan Bani Hasyim. Maka dilakukan pemboikotan dengan Bani Hasyim dan tidak diperkenankan melakukkan hubungan perdagangan dengannya. “
     “ Kaum kafir Quraisy jahat. Mereka selalu mengganggu nabi Muhammad. “ teriak Ade lantang
     “ Iya. Kaum Kafir Quraisy jahat sekali “ kata Ara lagi
     “ Memang kaum kafir Quraisy jahat. Nah, ancaman terhadap keselamatan umat islam dan orang kafir Quraisy semakin menjadi-jadi sehingga Allah swt. Memerintahkan untuk hijrah ke Yasrib yang penduduknya telah banyak menganut agama Islam . “ jelas Ummi
     “ Nah, anak-anak sampai disini pelajaran kita . Jadi, kita harus mengikuti suri tauladan dari nabi Muhammad. Kalian semua mau berjanji untuk mengikuti ajaran nabi Muhammad ? “
     “ Mau ummi. “ kata anak-anak serempak
     “ Iya. Semoga kalian bisa mengikuti suri tauladan yang baik dari ajaran nabi Muhammad . Amin ya rabbal alamin . “ kata Ummi
    

      Ya allah, kami semua berlindung kepada mu dari godaan syetan yang terkutuk. Ya allah, jadikanlah kami anak-anak Indonesia menjadi orang orang yang shaleh. Yang selalu berada di jalanMu. Ya allah, jadikanlah kami , bersifat Siddiq, Amanah, Fatonah, dan Tabligh seperti nabi Muhammad . Ya allah, kabulkan doa yang sangat sederhana ini ya allah. Amin
    



         

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar